KLIKRECEH.COM – Cara Resolve Mempercepat Proses Propagasi DNS Website Untuk masalah proses resolve atau propagasi pada sebuah DNS website terutama bagi blog dengan domain baru maka hal tersebut memang sangat melelahkan ketika mereka Menunggu supaya website bisa langsung terbuka di browser baik menggunakan Firefox ataupun Google Chrome dan lainnya. Sebetulnya untuk mempercepat masa propagasi DNS Domain ada beberapa trik yang bisa anda lakukan dan pada artikel kali ini kami akan membahasnya untuk anda semua.

Cara resolve mempercepat proses propagasi DNS domain website yang baru memang bisa dilakukan dengan cara menunggu ataupun Adapun bisa mempercepatnya dengan melakukan beberapa penyetingan terutama di komputer yang Anda gunakan dan cara ini pun sudah dilakukan oleh banyak orang dan dipastikan berhasil 100%. Domain baru akan langsung bisa terbuka sehingga Anda pun tidak lagi menggunakan VPN untuk mengakses website yang baru anda buat tersebut.

Propagasi DNS biasanya membutuhkan waktu 1×24 jam supaya website baru tersebut dapat aktif dan dibuka, akan tetapi bagi yang tidak penasaran untuk mengakses websitenya tanpa harus menggunakan VPN maka ternyata ada beberapa cara supaya dapat dipercepat dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Mempercepat Proses Propagasi DNS

Untuk anda semua yang ingin mencoba supaya website yang baru anda Build bisa langsung diakses tanpa menggunakan VPN dan proses resolve domain atau propagasi DNS bisa cepat, maka silakan melakukan langkahnya di bawah ini.

  • Silakan Anda melakukan refresh pada browser milik anda
  • Silakan Anda menghapus cache pada web browser dan silakan melakukan caranya sesuai dengan Browser yang Anda gunakan dimana untuk Google Chrome anda bisa memilih More tools, selanjutnya pilih clear browsing data. Bagi Anda yang menggunakan Mozilla Firefox silakan memilih menu tools lalu pilih clear private data dan silakan Beri tanda centang di pilihan Cache dan Klik tombol clear private data now.
  • Selanjutnya silakan Anda melakukan disconnect koneksi internet untuk sementara waktu Hal tersebut dilakukan supaya mempercepat pengaruh pada ISP milik anda
  • Selanjutnya silakan Anda mencoba akses website lain yang IP address nya sama dengan atau NS-nya sama dengan website yang anda miliki
  • Cara selanjutnya apabila masih belum berhasil, maka anda bisa mengubah waktu ISP di komputer milik anda dengan cara sebagai berikut:
  • Bagi Anda yang menggunakan Windows baik Windows 7 sampai Windows 10, maka silakan pilih START > RUN lalu ketikan:
Baca juga :  5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

notepad C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts

  • Apabila sudah terbuka maka Anda silakan memasukkan alamat IP dan domain yang anda miliki:

127.0.0.1 localhost
10.10.10.10 namadomain.com
10.10.10.10 www.namadomain.com

Keterangan:
10.10.10.10: diganti dengan nomor IP dari website anda
namadomain.com: Diganti dengan nama domain website yang anda miliki.

  • Selanjutnya silakan Anda simpan file host tersebut
  • Bukalah aplikasi command prompt lalu silakan gunakanlah flush DNS dengan mengetikkan perintah: ipconfig /flushdns
  • Apabila anda sudah menggunakan router seperti salah satunya mikrotik Anda dapat menambahkan Static IP address dengan mengetikkan teks berikut ini pada console mikrotik yang Anda gunakan:

/ip dns static add address=10.10.10.10 name=nama-domain.com
/ip dns static add address=10.10.10.10 name=www.nama-domain.com

  • Selanjutnya silakan lakukan flush DNS pada mikrotik yang anda gunakan dengan menggunakan command Prompt yang biasa terdapat di bagian windows system dengan menuliskan:

/ip dns cache flush

  • Langkah terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan flush DNS pada komputer client yang anda miliki lalu silahkan refresh kembali website anda dan biasanya domain akan sudah bisa diakses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here